PSM vs Home United: Pembuktian Guy Junior, Bangkit atau Kian Terpuruk

By Abdi Satria


nusakini.com-Cibinong-PSM Makassar tidak diperkuat Eero Markkanen saat menjamu Home United pada lanjutan Grup H Piala AFC di Stadion Pakansar Bogor, Selasa (27/4). Padahal, Juku Eja wajib menekuk sang tamu untuk memastikan tiket ke semifinal zona Asia Tenggara. Rencananya partai ini akan disiarkan langsung MNC TV mulai jam 15.00 WIB atau 16.00 WITA.

Selama ini, Markkanen jadi sumber gol Juku Eja atau minimal memberi assist buat rekannya. Memang PSM masih memiliki dua striker Ferdinand Sinaga dan Guy Junior. Keduanya adalah pencetak gol terbanyak PSM di Liga 1 musim lalu.

Tapi, Ferdinand harus absen karena masih bermasalah pada cedera tangannya. Tinggal Guy Junior yang tersisa. Masalahnya, kemampuan Guy Junior mulai tergerus karena lebih banyak duduk di bangku cadangan. Mantan striker Bhayangkara FC ini jarang mendapat kesempatan meski hanya sebagai pemain pengganti.

Bisa jadi, menghadapi Home United jadi momen kebangkitan Guy Junior. Normalnya, dia harus menjadi pilihan utama setelah Markkanen dan Ferdinand absen. Atau, dia makin terpuruk bila kembali melempem dan memaksa Darije mengoptimalkan Wiljan Pluim sebagai 'striker palsu' PSM seperti yang terjadi di era Robert Alberts.

Apalagi Wiljan Pluim sudah menegaskan bakal tampil trengginas untuk membawa Juku Eja meraih tiket sebagai juara grup. "PSM tim terbaik di Grup H dan tetap jadi terbaik pada pertandingan selanjutnya," ungkap Pluim pada jumpa media. Kalau Pluim tampil normal dengan sentuhan magisnya, PSM berpeluang besar memenangkan pertandingan. (ab)